mimpi hari ini

Mimpi seperti lorong waktu yang menghubungkanku di masa lalu.  Aku seperti telah mengalaminya semalam.  Seperti mimpi-mimpi biasanya, jalan cerita yang terjadi pastilah melompat-lompat dan kadang samar.

Tapi jelas semalam aku bermimpi datang di keluarga besar bapak, seperti bertahun yang lalu. Kakek dan nenekku masih muda, bapak dan bulek bulek juga bude masih remaja. Mereka tinggal di sebuah rumah jawa yang sederhana, dengan beberapa keluarga yang lain. Tatanan rumahnya persis seperti tatanan rumah ini di zaman lampau. Lukisan-lusisan dinding yang dikoleksi kakek hasil membeli di malioboro, bau khas dapur nenek, kursi bambu, juga kulihat kakek, yang sekarang sudah almarhum, sedang melinting tembakau dan dijadikannya rokok.

Tiba-tiba aku rindu kakek.

Dulu waktu aku kecil sering sekali kuperhatikan kakek meracik rokoknya sendiri. Beliau menumbuk cengkeh kering, mencampurkannya dengan tembakau dan melintingnya dengan kertas. Lalu duduk di teras depan, mendengar siaran di saluran yang sama, RRI, lewat radio tua ala zaman Jepangnya. Lalu merenung, entah apa yang direnungkannya, duduk, terkantuk-kantuk, ditemani secangkir teh dan pisang goreng kesukaannya.
Entah mengapa, dalam mimpiku semalam, aku seperti tamu yang akrab disambut mereka, mungkin tidak sadar bahwa aku adalah aku di masa sekarang yang datang berkunjung di masa lalu. Mereka tidak sadar bahwa kelak aku ini cucu kakek. Namun aku diam tak menjelaskan apa-apa, hanya menikmati suasana itu.. ah, mimpi, masih selalu negeri rahasia yang menyimpan tanda tanya, dan selalu memiliki sisi damainya tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s